PERAN
MOTIVASI DALAM BELAJAR BIOLOGI
DAN
UPAYA MEMBANGKITKAN MOTIVASI ANAK YANG MALAS BELAJAR
Oleh
: Muhammad Ardiansyah
A. Peran Motivasi Dalam Belajar Biologi
Motivasi merupakan dorongan untuk
melakukan sesuatu. Motivasi memiliki banyak manfaat didalam kehidupan, baik
untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. Motivasi berperan dalam berbagai
bidang, termasuk Biologi. Adapun beberapa perannya yaitu:
1. Adanya Praktikum yang Kreatif dan Inovatif
Dengan adanya motivasi, seorang guru
Biologi akan terdorong untuk dapat melakukan suatu terobosan baru atau inovasi
baru dalam model pembelajarannya. Hal ini dilakukan agar para siswa tidak jenuh
dalam melakukan praktikum. Karena pada dasarnya praktikum adalah kegiatan yang
tidak terlalu diminati karena terkesan membosankan. Maka dari itu, melihat
kondisi psikis para siswanya, sang guru pun mencoba menggunakan metode
praktikum yang menarik agar tidak membosankan siswanya.
Contohnya dalam praktikum mengenal
Tumbuhan Dikotil dan Monokotil. Guru tersebut mengajak siswanya melakukan
pembelajaran luar ruangan, melaksanakan praktikum secara praktis dialam
terbuka, dengan menyuruh siswanya mengidentifikasi secara langsung klasifikasi
tumbuhan yang sedang mereka bahas.
Contohnya lainnya, saat materi
sistem pencernaan. Guru tadi karena sudah termotivasi membuat pengajaran yang
kreatif, maka disuruhlah siswanya membuat alat peraga biologi tentang sistem
pencernaan. Jadi sambil mengasah keterampilan siswanya merancang suatu model
pembelajaran, juga sambil mengasah kemampuan kerjasama dan meningkatkan
keaktifan para siswanya.
2. Berguna untuk semakin Meningkatkan Minat Belajar Biologi
Setiap Individu mempunyai motivasi
dan keinginan yang berbeda-beda dalam belajar, terkhusus dalam belajar Biologi.
Ada yang memang suka dengan pelajarannya dan ada juga yang hanya ikut-ikutan
saja. Jadi cara mengatasinya adalah dengan menambah motivasi atau dorongan
dalam diri setiap individu utnuk semakin berminat belajar Biologi. Caranya bisa
dengan sering bergaul dan membahas soal dengan teman yang pintar di bidang
biologi, sering membaca buku-buku biologi, sering membaca biografi para
ahlinya, dengan cara seperti itu maka insya allah akan mulai bertambah motivasi
untuk belajar biologi.
Nah, dengan bertambahnya motivasi
dalam diri setiap Individu, maka secara tidak langsung, minat para siswa untuk
mempelajari Biologi akan semakin tinggi. Minimal menghargai guru dan pelajaran
yang sedang berlangsung. Walau tidak sampai taraf bisa menguasai ilmu biologi
tersebut, tetapi minimal bisa menghargai materi yang disampaikan oleh guru
bidang studi tersebut.
3. Untuk meningkatkan tingkat keimanan kita kepada Allah Swt.
Dengan kita sudah semakin
termotivasi mempelajari ilmu Biologi ini, maka kita akan terus mempelajari apa
saja yang ada dalam ilmu Biologi, kita akan semakin tahu tentang makhluk hidup,
bagaimana cara ia hidup, bernafas, bereproduksi, memerlukan nutrisi, dan semua
itu output-nya adalah kita semakin takjub dan sadar akan kekuasaan Allah
Swt. yang telah menciptakan berbagai macam makhluk hidup yang berbeda antara
satu sama lain dan mempunyai keunikannya masing-masing.
B. Upaya Membangkitkan Motivasi Anak Yang Malas Belajar
Setiap anak mempunyai kepribadian
yang berbeda-beda. Ada yang memang semangat dan rajin belajar, namun ada pula
yang terkesan malas untuk belajar. Hal ini dapat dipengaruhi baik itu dari
faktor genetika, maupun faktor lingkungan.
Akan tetapi, bukan berarti
kepribadian tersebut tidak bisa dirubah, apapun itu bisa dirubah asalkan memang
tertanam dalam diri seseorang niat untuk berubah menjadi lebih baik lagi.
Disini, saya akan memberikan beberapa cara yang dapat dilakukan agar dapat
membangkitkan motivasi anak yang malas belajar, yaitu:
1. Senantiasa memberikan sugesti atau memberi dorongan, baik dari
dalam maupun luar
Maksudnya, diri sendiri juga harus
senantiasa mengingatkan dan memotivasi diri sendiri agar berubah menjadi
seorang yang rajin belajar. Disamping itu, didukung oleh support dan tambahan
motivasi dari luar, yakni dari orang tua, guru bahkan teman.
2. Menggunakan metode pembelajaran yang beragam (Inovatif)
Melakukan sesuatu yang sama secara
terus-menerus tentu akan membawa rasa bosan dalam diri seorang anak dalam
belajar. Nah, dalam hal ini, seorang guru harus dapat menciptakan kondisi yang
membuat murid tadi nyaman untuk belajar dan tidak membuat bosan. Misalnya
dengan membuat study tour kesekolah lain atau bahkan field trip agar
pembelajaran tidak terlalu monoton selalu dilakukan didalam kelas.
3. Siswa dijadikan lebih aktif lagi
Untuk anak yang malas belajar,
jangan jadikan didalam kelas itu guru menggunakan metode ceramah secara
terus-menerus. Itu akan membuat anak tersebut malah semakin malas untuk
belajar. Jadi seorang guru harus jeli membaca situasi, dan menciptakan kondisi
dimana anak tadi dapat berperan aktif dalam pembelajaran.
Misalnya dengan memberikan
masing-masing anak soal untuk dijawab, atau melemparkan satu permasalahan, dan
masing-masing dari mereka harus memberikan argumennya. Atau contoh lainnya,
masing-masing dari anak tadi disuruh membawa bunga dari rumah dan menceritakan
tentang bunga tersebut, bagaimana hidupnya, warna nya, cara berkembang biaknya
bagaimana, itu akan merangsang otak anak tersebut untuk berpikir aktif dalam
proses pembelajaran.
4. Memberikan Tugas yang Proporsional
Seorang guru harus memberikan tugas
yang sewajarnya, jangan terlalu banyak sehingga membuat muridnya stress dan
semakin malas untuk belajar, jangan memberikan sistem CBSH (Catat Buku Sampai
Habis) yang mana itu akan merangsang otaknya untuk hanya sekedar menulis agar
siap, tanpa memahami apa yang ditulisnya, dan otomatis akan membuatnya malas
belajar. Karena sudah terlalu lelah menulis. Jadi seorang guru harus memberikan
tugas yang sewajarnya.
Komentar
Posting Komentar